kiblat dari karangmoncolGambar di atas adalah arah kiblat dari Kecamatan Karangmoncol Kab. Purbalingga Jawa Tengah dengan Peta Google. Desa yang ditandai adalah wilayah paling selatan (Pepedan), tengah (Pasar Kliwon Baleraksa=searah dengan Tajug) dan bagian utara (Tunjungmuli).

Dari gambar di atas terlihat bahwa Arah Kiblat untuk Kecamatan Karangmoncol adalah 294,8′ (dua ratus sembilan puluh empat koma delapan derajat).

kiblat2

Gambar di atas adalah arah kiblat dari Desa Tajug ke  Kabah di Masjidil Haram.

Berikut beberapa contoh arah kiblat masjid-masjid di Karangmoncol yang sudah benar atau mendekati benar (dilihat dengan Peta Google):

1. Masjid Jami’ Al Muttaqin Karangmoncol

masjid karangmoncol

2. Masjid Jami’ Al Firdaus Tunjungmuli 1 (KH. Masykur Husni)

alfirdaus

3. Masjid Jami’ Baitul Muttqin Karangwringin (K. Badrudin Zarkasi)

baitulmuttaqin

4. Masjid Jami’ Mahdum Husen Rajawana

mahdumhusen

5. Masjid Jami’ Al Muttaqin Dukuh Gunung Tunjungmuli 2 (KH. Ahsin)

6. Masjid Jami’ Daarussalaam Tunjungmuli1 (K. M. Qomarudin)

7. Masjid Jami’ Bantarwaru Tamansari 2

8. Masjid Jami’ Tamansari 1 (H. M. Chudori)

9. Masjid Jami’ Karangmiri (H. Rosyidun Fahmi)

Untuk lebih akuratnya dapat dilakukan pengukuran dengan kompas, dengan bantuan matahari, atau teknologi lain yang sekarang mudah dilakukan.

Adapun contoh masjid yang perlu mengadakan koreksi arah kiblat antara lain:

1. Masjid Jami Kaliputih (Ust. Abdul Hamid)

kaliputih

2. Masjid Munggangsari Pepedan (H. Asrori)

pepedan

3. Masjid Jami’ Karangrandu (Ust. Ahmad Nukman)

karangrandu

4. Masjid Grugul Rajawana (Sebelah SD Rajawana)

grugul

5. Masjid Jami’ Majingklak

majingklak

6. Masjid Jami’ Wali Perkasa Pekiringan

waliperkasa

Penentuan arah kiblat ini penting karena menghadap kiblat dalam shalat adalah salah satu syarat sahnya. Meski demikian,  masalah ini sering juga menjadi ramai diantara jamaah, terutama untuk “koreksi arah kiblat”. Jangan sampai gara-gara pembetulan arah kiblat, jamaah jadi pecah. Ada yang pro ada yang kontra. Oleh karena itu, takmir masjid hendaknya bertindak bijak dengan melibatkan jamaah dalam pembetulan arah kiblat. Jamaah harus tahu arah kiblat yang sebenarnya, dijelaskan dengan ilmu dan alat yang memadai. Bila ini terpenuhi, insya Allah semua akan menerima dengan legowo.

Bila ada kesalahan arah kiblat pada masjid/mushola, tidak perlu membongkar masjid/mushola. Cukup dengan pengaturan shaf agar sesuai dengan arah kiblat yang benar. Tapi untuk pembangunan masjid/mushola baru dapat langsung menyesuaikan arah kiblat yang benar. Untuk hal ini, MWCNU Karangmoncol siap memfasilitasi dalam penentuan arah kiblat.***[]

Menentukan arah kiblat dengan bantuan matahari