Selasa, 30 Maret 2010 20:14

Jakarta, NU Online
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj mengaku sudah mengantongi nama-nama calon pengurus PBNU 2010-2015. Namun, karena semua nama harus dibahas dalam tim formatur bersama Rais Am terpilih, Said enggan menyebutkannya.

“Kalau nama-nama sudah ada. Sudah di kepala saya. Tapi mohon maaf, saya belum bisa mengutarakan sekarang. Saya baru akan menghadap Kiai Sahal, Senin depan,” kata Said kepada wartawan usai bertemu Ketua DPR Marzuki Alie di rumahnya, Ciganjur, Jakarta, Selasa (30/3).

Menurut Said, demi kebesaran NU ke depan, dirinya akan merekrut kader-kader yang mau bekerja dan bisa bersikap profesional. Selain itu, unsur senioritas juga akan mendapatkan tempat tersendiri.

“Walhasil, semua kita akomodir, yang muda juga. Tetapi unsur senioritas tetap kita kedepankan. Kita kan sudah punya file-nya sejak lama. Kalau belum punya andil, buktikan dulu,” paparnya.

Terkait sikap PBNU dengan pemerintah dalam 5 tahun mendatang, Said dengan tegas menjawab. “Kita akan bersinergi dengan pemerintah, tetapi tetap menjunjung tinggi sikap kritis. Jadi, kita bekerjasama,” paparnya.

Bagaimana dengan kandidat lain yang kalah, seperti Slamet Effendy Yusuf dan Ulil, Said kembali menegaskan tidak mau menyebut nama dulu sebelum diputuskan dalam rapat pleno. “Semua sudah ada di kepala. Tetapi nanti ya bicara nama,” jawab Said.

Untuk diketahui, penyusunan kepengurusan PBNU periode 2010-2015 akan dilakukan oleh tim formatur yang merupakan perwakilan dari berbagai wilayah besar di Indonesia. Rapat tim formatur ini akan dipimpin langsung oleh Rais Am PBNU KH Sahal Mahfudh yang didampingi ketua umum PBNU terpilih KH Said Aqil Siroj. (mad)